Chizy’s Weblog











{Oktober 19, 2008}   Sejarah Internet Indonesia Ada di Wiki


Oleh
Merry Magdalena

JAKARTA – Sebagai ulang tahun kemerdekaan Indonesia, sejarah Internet Indonesia tercantum lengkap di dunia maya. Semua berkat aplikasi Wiki. Apa itu Wiki?
Sejarah tidak bisa dilupakan begitu saja. Sejarah Indonesia ada di berbagai buku pelajaran dan populer. Dan sejarah hadirnya Internet di Indonesia bisa diklik di
http://wikihost.org/wikis/indonesiainternet/. Di satu nukilan Wiki ini, kita dapat mengulas balik bagaimana orang Indonesia mulai mengenal dunia maya pertama kali.
Di Wiki ini, sejarah Internet disebutkan diawali dengan era Pra Internet, yakni periode 1970-1993, berawal dari komunitas pengguna radio amatir, hingga komunitas pengguna komputer.
Kemudian periode 1990-1995 saat Internet mulai masuk hingga menjamurnya Warung Internet (Warnet). Kemudian periode 1996-1998 saat kelahiran Asosiasi Pengusaha Jaringan Internet Indonesia (APJII) serta Internet pendidikan dan RT/RW Net. Periode teranyar, 2004-2006, Pemilu Indonesia pertama kali memanfaatkan Internet dalam penghitungan suara sampai ke program Indonesia Goes Open Source (IGOS).
Adalah Onno W. Purbo, penggagas Wiki ini. “Mekanisme Wiki memungkinkan kita semua yang membaca Wikibook untuk memperbaiki, mengedit, dan menambahkan sendiri informasi yang dirasakan kurang. Wikibook ini menjadi karya yang lebih baik,” ungkap mantan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.
Sebagian materi awal Wikibook Sejarah Internet Indonesia diambil dari pekerjaan Prof. DR. Joshua Barker dari Social Construction of Technology Research Group, University of Toronto, Kanada, yang melakukan penelitian tentang “Engineers and Political Dreams: Indonesia’s Internet in Cultural Perspective”.
Sejarah Internet Indonesia berusaha mendokumentasikan berbagai kejadian penting dalam perjuangan Internet di Indonesia. Perjalanan Internet Indonesia sangat bertumpu dengan orang yang suka dan hobi teknologi informasi atau komputer; sangat erat kaitannya dengan proses pendidikan dan pengenalan open source pada masyarakat Indonesia.

Hadiah
Menurut Onno, pembuatan Wiki ini sengaja diperuntukkan sebagai hadiah ulang tahun ke-61 Indonesia. Sesungguhnya, siapa saja bisa membuat Wiki. Apa itu Wiki? Ini merupakan suatu situs yang memungkinkan setiap pengguna menambah, menghilangkan, mengubah, dan mengedit isinya. Kadang dapat dilakukan tanpa harus mendaftar diri lebih dulu.
Kemudahan interaksi beroperasi ini memudahkan Wiki menjadi ajang penulisan berkolaborasi. Pengertian terminologi Wiki sendiri adalah peranti lunak kolaboratif yang memfasilitasi pengerjaan situs atau situs Wiki khusus. Yang paling terkenal adalah situs ilmu komputer Wiki Wiki Web dan ensiklopedia online Wikipedia.
Wiki pertama adalah Wiki Wiki Web, yang sebelumnya adalah Wiki Wiki yang berbasis di Honolulu International Airports, Hawaii. Maka jangan heran kalau namanya berbau Hawaii sekali.
Wiki ini diciptakan pada tahun 1994 dan diinstal tahun 1995 oleh Ward Cunningham, yang juga membuat Portland Pattern Repository. Kata “Wiki-wiki” dalam bahasa Hawaii artinya adalah jenis ikan asli yang hidup di perairan Pulau Hawaii. Kata ini juga berarti “cepat” dalam bahasa Hawaii. n



Tinggalkan komentar

et cetera